Olahraga untuk menjaga kebugaran tuibuh

 

Olahraga untuk Usia 60, pentingkah?

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak keluhan kesehatan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Padahal, di usia yang sudah tidak muda ini, Anda pasti ingin melakukan banyak hal agar tidak hanya duduk, nonton televisi sambil makan camilan, kan? Ah, pasti membosankan. Solusinya, ya lakukanlah olahraga untuk usia 60 yang jenisnya ringan dan mudah.

Usia 60 memang sebaiknya melakukan olahraga yang tidak berat karena tubuh sudah tidak mampu lagi melakukan hal yang berat. Jika Anda memaksakan, wah malah akan membuat tubuh tidak bugar, dong! Jadi capek dan pegal-pegal. Maka, lakukanlah olahraga ringan namun teratur, Anda akan merasakan betapa tubuh terasa segar untuk melakukan hal yang diinginkan.

Menjawab Pertanyaan “Mengapa sih Usia Tua Harus Melukan Olahraga?”

Pertanyaan semacam ini mungkin muncul di benak Anda karena “ya usia segini kan enaknya santai, leha-leha, main sama cucu, ngobrol sama anak dan istri sambil ngeteh”. Ya tidak ada salahnya kalo Anda ingin bersantai di usia lanjut, namun jangan keterusan karena tidak baik, lho. Seiring bertambahnya usia, kinerja organ tubuh pasti akan menurun.

Agar menghindari penurunan yang cepat, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga untuk usia 60. Gaya hidup yang terlalu santai di usia lanjut justru berakibat buruk bagi kesehatan karena semakin melemahkan fungsi organ seperti jantung dan otot-otot. Anda tidak mau menghabiskan masa tua dengan minum banyak obat, kan? Maka, jagalah kesehatan dengan olahraga.

Apa Saja Olahraga untuk Usia 60 yang Direkomendasikan?

  1. Jalan Kaki

Olahraga lari untuk kesehatan tubuh

Olahraga yang satu ini paling gampang dilakukan, dan bahkan tanpa sadar sudah sering dilakukan, ya, jalan kaki. Jalan kaki itu ringan namun manfaatnya luar biasa bagi tubuh. Kalau Anda rutin jalan kaki, ya minimal sehari 15 sampai 30 menit atau lebih, dapat memperkuat organ tubuh seperti otot, jantung, dan paru-paru.

Jalan kaki juga efektif untuk memperbaiki massa tulang di usia 60 ini. Punya tulang yang kuat akan membuat Anda gampang bermain bersama cucu, bukan? Oleh sebab itu jangan lewatkan hari-hari Anda tanpa berjalan kaki. Anda bisa jalan kaki di sekitar komplek rumah atau mengajak anak cucu mengikuti jalan sehat bersama.

  1. Berenang

Jangan salah, berenang bukan hanya untuk kaum muda mudi saja, lho! Berenang juga merupakan jenis olahraga untuk usia 60 yang sangat bagus dalm hal memperkuat otot-otot tubuh, jantung, dan paru-paru. Manfaat yang akan dirasakan sama dengan jalan kaki, jadi Anda bisa pilih lebih suka olahraga di air atau di darat.

Alasan lain kenapa renang dianjurkan karena olahraga ini dapat meminimalisir terjadinya cedera fisik akibat benturan atau lainnya. Jika jalan kaki, kemungkinan Anda bisa terkilir, tersandung dan jatuh sehingga bisa berdarah. Cedera fisik yang terjadi ketika berenang lebih jarang, namun tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset di pinggiran kolam.

  1. Bersepeda

Bersepadah untuk menjaga kesehatan tubuh

Sepeda memang teman yang menyenangkan bagi segala usia. Di usia 60 ini pun, tak usah khawatir sepeda Anda akan teronggok di gudang karena mengayuh sepeda sangat bermanfaat bagi tubuh Anda yang semakin menua. Kayuhlah sepeda secara rutin agar stamina Anda selalu terjaga dan malah meningkat. Bahkan mengayuhnya dengan cepat semakin banyak manfaat.

Banyak hasil studi yang menganjurkan kayuhan sepeda dipercepat karena dapat memperpanjang hidup lima sampai empat tahun lebih lama. Jika tidak kuat, maka kayuhlah dengan cepat untuk beberapa menit saja setelahnya kayuh santai. Pilihlah jalan yang datar karena jalan menanjak tidak cocok untuk tubuh usia 60. Sepeda memang teman setia berjuta manfaat.

  1. Yoga

Yoga utnuk usia 60an

Usia 60 harus yoga? Wah, tubuh ini nggak bisa elastis. Ditekuk-tekuk ala yoga malah bikin pegel.”

Wah, pendapat semacam ini mungkin pernah terbesit dalam pikiran Anda. Jangan salah ya, yoga untuk usia lanjut tidak disamakan seperti yoga untuk usia muda. Yoga sebagai salah satu olahraga untuk usia 60 lebih didominasi latihan pernapasan.

Jadi, tidak usah khawatir harus melakukan gerakan sulit yang membuat badan pegal. Latihan pernapasan yang diarahkan oleh instruktur yoga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tubuh, ketenangan jiwa dan pikiran serta meminimalisir stress. Selain itu, peregangan badan juga dilakukan, tentunya dengan gerakan yang ringan. Mendapat ketenangan dan kebugaran tubuh, yoga solusi terbaiknya.

  1. Berkebun

Berkebun untuk olahraga orang tua

Olahraga apa ya yang tidak berat dan membuat hati senang? Ya berkebun. Apalagi jika Anda memiliki sedikit lahan kosong di rumah yang tidak terpakai. Cobalah tanami dengan tanaman yang Anda suka semisal tanaman daun hias, tanaman bunga hias, tanaman cabai dan sayur-sayuran, tanaman obat-obatan atau tanaman lain yang ingin ditanam oleh Anda.

Ajaklah istri atau suami Anda menanam dan merawat bersama, sesekali anak dan cucu Anda pun diajak melihat kebun Anda. Wah, menyenangkan bukan? Selain menjadi aktifitas fisik yang menyehatkan, Anda juga bisa menciptakan suasana bahagia yang membuat hidup di masa tua terhindar dari stress dan krisis kepercayaan diri karena merasa sudah tidak berguna.

  1. Senam

Senam-macam mcam olahraga

Satu lagi olahraga untuk usia 60 yang dianjurkan yaitu senam. Sudah sering mendengar senam lanjut usia? Itu dia, senam yang bisa membuat tubuh Anda bugar karena stamina kembali terisi. Gerakan senam khusus untuk lanjut usia ini juga mudah dilakukan dengan iringan musik relaksasi. Jenis gerakan yang susah dan cepat tidak direkomendasikan.

Senam ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mencontoh gerakan dari video atau pun televisi. Namun, akan lebih baik kalau melakukan senam bersama-sama dengan teman, lho! Karena di usia tua, berkumpul dengan teman-teman akan semakin membuat semangat dan menciptakan suasana hati yang senang. Sehingga, sehat pun didapat, senang pun dirasa.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •